Sabtu, 11 Oktober 2014

Budaya Barat Vs Budaya Timur



Budaya adalah suatu cara hidup yang diwariskan dari generasi ke generasi oleh suatu wilayah/daerah disetiap belahan wilayah dunia. Budaya tersusun atas beberapa bagian, mulai dari agama/kepercayaan, politik, bahasa, adat istiadat, cara pandang, pakaian, dll.
Budaya terbagi menjadi 2, yaitu budaya barat dan budaya timur. Budaya barat adalah budaya yang berkembang di wilayah Eropa, seperti Amerika, Inggris, Prancis, Brazil, Belanda, dll. Sedangkan budaya timur adalah budaya yang berkembang di wilayah Asia, seperti Indonesia, Malaysia, dll.
Kali ini saya akan membahas perbedaan antara budaya barat dan budaya timur secara umum. Nah yang akan kita bahas ini mulai dari gaya hidup, pendidikan, ketertiban dan kedisiplian, sampai pergaulan mereka.
1.Gaya Hidup
Perbedaan gaya hidup merupakan perbedaan yang paling jelas terlihat, karna orang timur lebih cenderung bersifat sosialisasi atau hidup beramai-ramai dan hampir seriap pekerjaan dikerjakan bersama-sama atau gotong-royong, sedangkan orang barat lebih cendering bersifat individualis atau bisa dibilang mereka lebih senang hidup sendiri-sendiri dan memprioritaskan kepentingannya sendiri.
2.Pendidikan
Kalian pasti terbayang seberapa banyak teknologi yg ditelah buat oleh orang barat. Nah jadi dapat disimpulkan orang barat lebih mementingkan pendidikan, mereka berlomba-lomba untuk menghasilkan prestasi yang terbaik satu sama lain, sedangkan orang timur relatif kurang mementingkan pendidikan atau dapat dikatakan lebih relatif sebagai pengguna saja.
3.Ketertiban dan Kedisiplinan
Ketertiban dan Kedisplinan itu dipengaruhi oleh pendidikan, jadi orang berpendidikan tinggi akan berprilaku lebih disiplin dan tertib. Orang barat yang sangat mementingkan pendidikan pasti akan lebih mentaati sebuah peraturan ketimbang orang timur. Itu bisa dilihat dari beberapa contoh seperti saat mengantri, ataupun saat berkendara, dll.
4.Pergaulan
Pergaulan orang barat itu lebih kepada kebebasan tanpa adanya aturan, karna itu pula yang menyebabkan kemunculan seks bebas. Sedangkan pergaulan orang timur lebih mengutamakan norma, karna dalam etika orang timur tidak diperbolehkannya seseorang melakukan untuk melalukan hubungan seks kepada oran yg bukan sahnya.


Jadi dengan perbandingan diatas dapat kita simpulkan setiap budaya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan bagaimanapun pula sebaiknya kita tidak mengikuti sepenuhnya dari salah satu budaya tersebut tapi sebaiknya kita harus pandai memilih apa saja yang baik dari kedua budaya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redesigned By Ilham