Minggu, 19 Oktober 2014

Keluarga



          Keluarga adalah lingkungan atau bagian masyarakat terkecil yang ada karena adanya suatu ikatan perkawinan dan biasanya diidentikan dengan tinggal satu atap dan terdiri dari ayah, ibu, dan anak.
          Keluarga adalah tempat dimana kita mendapatkan dasar – dasar dalam bersosialisasi. Dengan kata lain, keluarga menjadi tempat dalam memenuhi segala kebutuhan anggota keluarga, entah itu secara materil maupun moril. 
          Dalam sisi materil ekonomi tentu keluarga atau biasanya lebih dibebabankan kepada seorang kepala rumah tangga yang bertugas memenuhi segala kebutuhan keluarga. Adapun dari sisi materil ilmu keluarga menjadi sumber pendidikan dasar diluar dari pendidikan yang diterima dalam kegiatan formil sekolah.
          Dalam sisi moril, keluarga bertindak sebagai sumber pengarah mengenai nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Keluarga merupakan tempat pertama bagi seorang anak untuk mengenal kehidupan dan lingkungan sekitar yang lebih luas. Dalam keluarga, seorang anak dibesarkan dan secara alamiah mempelajari pergaulan yang akan ia lakukan dimasyarakat luar. Oleh sebab itu, lingkungan keluarga akan mempengaruhi kondisi psikis atau pola tingkah laku dan cara bersosialisasi seorang anak dalam bermasyarakat, hingga ia akan memiliki kepribadian yang tentunya diharapkan baik. Maka, keluarga harus menjadi tempat yang memberikan rasa nyaman kepada antar anggota keluarga.
          Kondisi keluarga yang ideal dan harmonis atau bisa dikatakan mendukung perkembangan psikis anak akan menghasilkan tingkah laku yang baik pula bagi sang anak. Sebaliknya, jika kondisi keluarga lebih menjelma sebagai kondisi kelam yang berantakan maka dapat dipastikan pembentukan karakter bagi anak pun kurang baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembentukan keluarga sangat mempengaruhi pembentukan pola tingkah laku masyarakat untuk mencapai kesejahteraan dan keharmonisan dalam sosialisai kehidupan yang lebih luas.
          Nah itulah yang saya dapat bagikan ke anda mengenai arti dari sebuah keluarga, betapa pentingnya sebuah keluarga, dan pengaruh keluarga bagi seorang anak, semoga kita semua dapat memahaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redesigned By Ilham