Sabtu, 02 Desember 2017

Cara Membuat Konfigurasi Web Server pada Linux Debian Server

        Web Server dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protocol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti web browser. Penggunaan paling umum web server adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.


        Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutoral tentang cara mengkonfigurasi Apache atau Web Server pada linux debian server. Oiya, saya akan mencontohkan tutorial ini dengan praktek menggunakan virtualbox, sebenarnya caranya sama saja kok dengan yang aslinya. Nah, sebelumnya sobat harus melakukan instalasi sistem operasi Linux Debian dan melakukan konfigurasi alamat IP terlebih dahulu agar komputer server dan client agar bisa saling terhubung. Kemudian kita pada tutorial kali ini hanya akan menambahkan servicenya saja pada Debian Server. Service yang akan di install untuk kali ini adalah Web Server dengan aplikasinya yang disebut Apache Web Server. Oke langsung saja sob untuk menuju ke proses instalasinya saja, berikut langkah-langkahnya.

  1. Nyalakan komputer yang sudah terinstal Debian Server dan sudah terkonfigurasi alamat IP Address nya. Kemudian, masukkan DVD 1 ke komputer Debian Server. Jika sudah, ketikkan “apt-get install apache2” seperti gambar dibawah untuk menginstal web server dengan aplikasi apache. 


  2. Jika DVD sudah dimasukkan dan sudah mengetikan perintah seperti yang ada pada gambar tadi, tekan “enter” untuk mulai menginstal Web Servernya. Gambar dibawah ini adalah tanda bahwa proses instalasi apache web server telah mulai berjalan.


  3. Setelah proses instalasi Apache web server selesai, kita bisa mengubah isi dari web server kita. Untuk mengubah isinya, ketikkan perintah “nano /var/www/index.html”. Lalu nanti akan masuk pada bagian file html dari web server, disitu sobat bisa mengubah tampilan isi sesuka hati kita. Sebagai contoh, lihat gambar dibawah ini.


  4. Setelah mengubah tampilan isi dari web server, sobat harus merestart Apache terlebih dahulu agar perubahan tampilannya terpasang dengan baik. Untuk merestart Apache, caranya cukup mengetikan perintah “service apache2 restart” lalu tekan “enter” dan Apache akan merestart. Setelah restart, maka akan muncul seperti ini tanda bahwa Apache berhasil direstart.


  5. Nah, pada langkah terakhir yang dilakukan adalah pengujian pada Apache web server yang sudah terinstall tadi. Caranya, buka web browser dari komputer client. Lalu untuk URL, masukkan alamat IP dari komputer server. Sebagai contoh, lihat gambar ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redesigned By Ilham